Posts

Showing posts from April, 2014

Wisata Kampoeng Rawa, Rawa Pening, Ambarawa

Image
Siapa yang tahu legenda Baru Klinting? Pasti pernah denger kan? Legenda ini ada hubungannya dengan Rawa Pening di Ambarawa. Legenda mengenai anak bernama Baru Klinting yang diejek orang sekampung karena buruk rupa dan kudisan, kemudian dia menancapkan lidi ke tanah dan menantang orang-orang kampung untuk mencabut lidi, ternyata tidak ada yang dapat melakukannya. Alhasil dia sendiri yang mencabut lidi itu dan muncratlah air dari dalam tanah tempat lidi ditancapkan. Air yang berlimpah sampai menenggelamkan seisi kampung. Konon, kini Baru Klinting berubah wujud menjadi ular raksasa yang mendiami Rawa Pening.
Yak itu sekilas legenda yang pernah saya dengar waktu kecil dulu. Waktu saya sekeluarga dan si kecil yang masih balita berkunjung ke Kampoeng Kopi Banaran, dari atas (waktu keliling kebun kopi) melihat keindahan Rawa Pening dan pengen banget ke sini. Dan kebetulan, di kawasan Rawa Pening kini sudah ada pihak pengelola yang membuat tempat ini kian nyaman dikunjungi. Tempat ini bernama …

Bermain bersama Si Kecil #1: Buat Sendiri Kotamu

Image
Seperti halnya anak-anak lain, Hafizh (4yo) suka bosen ketika di rumah dan kebetulan sekolah libur. Sekolah PAUD tempat Hafizh bersekolah hanya masuk pada hari Senin-Rabu-Kamis, itupun hanya 1 jam. Jadi bisa dibayangkan dong banyak waktu luang dia di rumah. Kadang suka bosan hanya bermain itu-itu saja, baliknya lagi-lagi ke TV (nonton Disney jr) atau main gadget. Walau tak jarang saya beri dia buku gambar/menempel atau buku mewarnai, kadang dia juga minta dibacakan buku cerita.
Karena kebetulan saya mengajar ga full time seminggu (hanya 3 hari dalam sepekan) maka punya banyak waktu bermain bersama dia. Kadang bingung juga memilih mainan apa, aktivitas di luar hanya dilakukan jika sore menjelang (main bola, sepeda, dll).
Akhir-akhir ini frekuensi dia main gadget kayaknya kelebihan, akibatnya dia suka marah-marah, rewel kalau diingatkan makan/mandi. Akhirnya saya coba lihat-lihat aktivitas anak di salah satu fanpage dari luar negeri saya mendapatkan link ini: http://kidsactivitiesblog.co…

Ketika Menilai Seseorang Hanya dari “Status” Facebook.

Image
Disclaimer: Postingan ini mungkin agak bernada bête tak berkesudahan sekaligus geli, miris, prihatin hihihi
Siapa sih yang ga pernah nyetatus di FB, pasti semua pernah dong ya (yang punya akun FB tentunya, aih kayak Cak Lontong penjelasannya wkwkwkwk). Meski punya ga smua orang rajin nyetatus sih, kalo saya yang termasuk sedang-sedang aja. Ga terlalu sering tapi juga ga terlalu jarang, biasa aja.
Di saat orang-orang ada yang ga suka FB dan beralih ke twitter/path, saya tetep penggemar FB, tapi punya twitter/instagram juga sih…semua ada kelebihan dan kekurangannya, jadi saling melengkapi. Saya bukan tipe yang nyinyir FB identik dengan orang yang begina-beginu, saya lebih melihat ke manfaatnya saja.
Soal status FB, saya juga bukan tipe yang riwil protes kenapa si A sukanya nyetatus begini, kenapa B suka begitu, walo sempet memperbincangkan tapi that’s it, ga ada judgment yang gimana-gimana. Facebook facebook dia suka-suka orang yang punya akun, asal ga porno dan SARA, resiko kan tanggung …

Anak Laki-laki Kok Masak?

Image
Gitu deh kira-kira yang biasanya diungkapkan ketika melihat anak laki-laki yang suka main masak-masakan atau suka dengan kegiatan masak.

Ini juga nih yang terjadi sama Hafizh anak saya (sekarang 4thn). Eyangnya Hafizh suka nyeletuk seperti itu kalo Hafizh pas pura-pura meragain bikin kue dengan wadah-wadah seadanya. Dia suka banget dengan memasak. Saya rasa sih terpengaruh dengan seringnya saya libatin dia dalam membuat snack atau kue-kue yang dia suka.

Saya memang suka main"prakarya" bikin-bikin kue atau snack, dari mulai cupcake, lasagna, schotel, pizza, pie, atau yang sederhana seperti roti bakar atau stik pisang fantasi seperti yang pernah saya posting di sini

Karena di rumah ga ada ART jadilah Hafizh suka ikut ngintilin ke dapur buat 'bantuin' emaknya. Dia suka banget bagian masuk-masukin bahan, aduk-aduk atau menata hiasan kue, naburin meises, keju, dll. Kalo saya larang (karena pertimbangan takut berantakan) langsung marahlah dia. Yawes daripada nanti tambah be…

Islamic Parenting (Mendidik Anak ala Ali, R.A)

Image
Sebagai orang tua baru (anak masih berusia 4 tahun bisa dikatakan ortu baru kan ya), saya dan suami (terutama saya sih, uhuk!) rajin mencari ilmu yang berkaitan dengan pengasuhan anak. Ilmu pengasuhan anak sangatlah penting selain ilmu-ilmu lain yang berkaitan dengan anak misalnya tentang pengaturan gizi bagi mereka, pendidikan, dan lain sebagainya.

Karena kita hidup di era yang sedemikian modern, kita ngga bisa hanya dengan berkaca pada orang tua kita dahulu dalam mendidik kita, maka diperlukan adanya ilmu tambahan soal parenting atau pengasuhan anak ini. Jaman orang tua kita tentu saja berbeda dengan jaman kita sekarang, banyak hal-hal yang harus disesuaikan di sana-sini.

Oleh karena itu saya berusaha menyerap banyak ilmu-ilmu parenting dari mulai milis, grup FB, fanpage, forum-forum ibu-ibu yang bertebaran, artikel-artikel maupun buku-buku parenting, kadang dilengkapi dengan mengikuti seminar yang mendatangkan pakar parenting.

Kadang terlalu banyak informasi yang masuk membuat bingung…